Blog ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Sosial untuk Psikologi: Filsafat Manusia, Sosiologi, dan Antropologi

Sunday, March 16, 2014

Religion

Agama adalah sebuah ajaran dan sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan lingkungannya.
Menurut Anthony F. C. Wallace, seorang antropolog, agama adalah seperangkan upacara atau ritual dan keyakinan yang berkaitan dengan kekuatan supernatural dan kekuasaan.

Animism
Animisme merupakan asas kepercayaan agama yang pertama kali muncul di kalangan manusia primitif. Animisme adalah kepercayaan kepada makhluk halus dan roh-roh, seperti roh nenek moyang.

Mana
Adalah suatu kekuatan supernatural, yaitu suatu alam gaib yang suci tempat beradanya kekuatan-kekuatan yang melebihi kekuatan-kekuatan yang telah dikenal manusia dalam alam sekitarnya dan yang dihadapi manusia dengan rasa keagamaan. Kekuatan tersebut sekali kali berbeda dengan kekuatan fisik, karena kekuatan tersebut merupakan kekuatan yang luar biasa, mengatasi kekuatan lahir, bersifat suci, dan mengandung khasiat baik dan buruk menurut keperluan serta menguasai kehidupan penganutnya.

Taboo
Tabu atau pantangan adalah suatu pelarangan sosial yang kuat terhadap kata, benda, tindakan, atau orang yang dianggap tidak diinginkan oleh suatu kelompok, budaya, atau masyarakat. Pelanggaran tabu biasanya tidak dapat diterima dan dapat dianggap menyerang. Beberapa tindakan atau kebiasaan yang bersifat tabu bahkan dapat dilarang secara hukum dan pelanggarannya dapat menyebabkan pemberian sanksi keras. Tabu dapat juga membuat malu, aib, dan perlakuan kasar dari masyarakat sekitar.

Religion and Arts, Slide 1-6

No comments:

Post a Comment