Blog ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Sosial untuk Psikologi: Filsafat Manusia, Sosiologi, dan Antropologi

Friday, March 7, 2014

Mengenal Sosok Lupita Nyong'o

Sosok Lupita Nyong'o semakin terkenal sejak mendapat penghargaan tertinggi perfilman lewat acara Academy Awards atau Oscar 2014 beberapa waktu lalu. Yuk, kenal lebih dekat dengan peraih Best Supporting Actress Oscar 2014 ini.

Lupita lahir di Meksiko. Namun, pekerjaan ayahnya sebagai politisi membawanya kembali ke Kenya saat usianya satu tahun. Di negeri itulah, anak kedua dari 6 bersaudara itu tumbuh besar dan bermimpi menjadi aktris sejak ia masih kanak-kanak. Bakatnya mula-mula ia asah dengan mengarang cerita dan “berpentas” di ruang keluarga.

Demi mengejar mimpi, ia pergi ke Amerika untuk mengambil kuliah di jurusan kajian film dan teater di Hampshire College, Amerika. Setelah lulus, ia bekerja sebagai kru produksi untuk berbagai film seperti 'The Constant Gardener' dan 'Where God Left His Shoes'. Pada tahun 2008, Lupita memutuskan untuk kembali ke Kenya dan bermain di TV seri 'Shuga', sebuah drama tentang pencegahan HIV/AIDS.

Pada tahun 2011-2012 ia kembali lagi ke Amerika untuk mendaftarkan diri pada program akting di Universitas Yale. Atas prestasinya, Lupita menerima Herschel Williams Prize, penghargaan untuk murid akting dengan kemampuan luar biasa. Hal yang mengubah hidupnya pun terjadi tepat satu minggu sebelum kelulusannya di Universitas Yale. Sebuah tawaran untuk bermain dalam film '12 Years a Slave' diterimanya pada Mei 2012.

Karena film debut Hollywood pertamanya itulah nama Lupita Nyong'o saat ini menjadi buah bibir di seluruh dunia. Berbagai macam penghargaan pun diterimanya karena akting luar biasanya di garapan sutradara Steve McQueen itu.

No comments:

Post a Comment